Jenis Layanan

Dalam  rangka  pengembangan  penalaran,  minat,  bakat,  seni,  dan  kesejahteraan  mahasiswa,  Program Studi S1 Bahasa Jepang FBS-UNDIKSHA telah memberikan berbagai layanan yang dapat diakses dan dimanfaatkan dengan sangat baik oleh para mahasiswa, yang meliputi: Bimbingan dan konseling, Minat dan bakat (ekstra kurikuler), Pembinaan soft skill, Layanan beasiswa, dan Layanan kesehatan. Adapun uraian untuk masing-masing layanan yang disediakan dan dapat diakses dan dimanfaatkan dengan sangat baik oleh mahasiswa prodi diuraikan pada tabel 3.2. berikut:

 

No. Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya
(1) (2) (3)
1 Bimbingan dan konseling
  1. a. Perwalian (Dosen Wali),
  2. i. Kegiatan ini dilaksanakan secara kontinyu, dan periodik di sepanjang masa studi pada setiap semesterny
  3. ii. Kegiatan bimbingan perwalian ini dilakukan dalam rangka bimbingan pengisian

KRS manual, bimbingan pengisian KRS online, Legalisasi Hasil Studi, Legalisasi KRS, revisi KRS, pembimbingan permasalahan akademik, konseling permasalahan pribadi, bimbingan pengambilan remidiasi, dan lain-lain.

iii.     Setiap aktivitas bimbingan perwalian ini dilakukan, akan dituliskan dan dicatat

kegiatannya pada formulir layanan bimbingan yang dibuat oleh jurusan yang bernama form kontrol layanan bimbingan dan pada kartu bimbingan akademik yang dibuat oleh fakultas.

  1. iv. Hasil: pemilihan MK dan topik skripsi lebih terarah, diharapkan mahasiswa bisa

lulus tepat waktu.

  1. b. Bimbingan Tugas Akhir (Skripsi),
  2. i. Pembimbingan ini diharapkan bisa dilakukan minimal sekali dalam semingg

Dengan demikian, diharapkan melalui bimbingan skripsi ini perkembangan aktivitas penelitian dan penulisan ilmiah yang dilakukan mahasiswa bisa terpantau dengan baik, sehingga Tugas Akhir (skripsi) bisa diselesaikan dalam

waktu di bawah satu semester.

  1. ii. Aktivitas pembimbingan ini dicatat dalam sebuah kartu kontrol skripsi, yang akan dikumpulkan kembali pada saat pengajuan berkas yudisium.

iii.     Hasil: rerata lama penyelesaian skripsi/Tugas Akhir menjadi lebih cepat.

  1. c. Tutorial dan Asistensi Matakuliah
  2. i. Diselenggarakan kependampingan dan bimbingan dalam memahami materi setiap matakuliah, terutama matakuliah yang menekankan pada kemampuan psikomotorik dan kemampuan hitung
  3. ii. Pelaksanaan kegiatan asistensi dan tutorial ini mengikuti jadwal yang ditetapkan oleh dosen pengampu matakuli
2 Minat dan bakat (ekstra kurikuler)
  1. a. Minat dan bakat (hobby):
  2. i. Universitas Pendidikan Ganesha telah membentuk unit-unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang jumlahnya sangat banyak. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa UNDIKSHA bisa menyalurkan minat, bakat dan kreatifitas yang ada pada diri mahasiswa tersebut di bidang yang diminati, misalkan: cabang beladiri, cabang olahraga, dan keseni
  3. ii. Universitas Pendidikan Ganesha juga memfasilitasi penyaluran minat, bakat, dan hoby mahasiswa dengan membangun dan menyediakan sarana serta berbagai fasilitas pendukungnya.

iii.    pada tingkat Program Studi, di bentuk unit-unit kegiatan dibawah Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Jepang (HMJ-Bahasa Jepang) yang mewadahi penyaluran minat dan bakat mahasiswa diantaranya unit atau klub tabloid Moshi-Moshi Zasshi, klub Kewirausahaan, klub masakan Jepang,klub catur,klub musik,dll.

  1. iv. Hasil: beberapa mahasiswa program studi menjadi juara pada ajang perlombaan

antar universitas, maupun di tingkat nasional. b. Minat dan bakat (jiwa kepemimpinan)

  1. i. Dalam rangka pengembangan jiwa kepemimpinan mahasiswa, maka Universitas Pendidikan Ganesha menyediakan wadah untuk pengembangan hal tersebut dalam bentuk pembentukan Organisasi Eksekutif Kemahasiswaan, baik di tingkat Universitas, Fakultas, sampai dengan Program Studi. Termasuk didalamnya Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Jepang (HMJ-Bahasa Jepang) yang merupakan organisasi eksekutif mahasiswa di tingkat Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang
  2. ii. Disamping itu UNDIKSHA juga memfasilitasi pembentukan jiwa kepemimpinan melalui kegiatan pelatihan yang terstruktur di bawah koordinasi dengan pembimbing kemahasiswaan dalam kegiatan Pelatihan Kepemimpinan dengan mengundang nara sumber yang dianggap berkompeten.

iii.     Hasil: beberapa alumni mampu menempati posisi strategis (sebagai pimpinan)

di berbagai institusi tempat bekerja. Perusahaan yang didirikan sendiri oleh para

alumni tetap eksis di bidangnya.

  1. c. Minat dan bakat (kompetensi)
  2. i. Dikarenakan kompetensi setiap program studi adalah berbeda (unik), maka untuk memberikan wadah penyaluran pengembangan bakat dan minat

mahasiswa terkait dengan kompetensi di bidang keilmuan tertentu, maka

Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang membentuk Benkyou Kai untuk mewadahi ketertarikan tersebut.

  1. ii. Study Club atau Benkyou kai tersebut dikelola oleh HMJ dengan didampingi oleh seorang atau beberapa orang dosen yang memiliki kompetensi terkait.

iii.     Hasil: beberapa kelompok mahasiswa telah berhasil menanggulangi kesulitannya dalam belajar.

  1. d. Minat dan bakat (olah raga)
  2. i. Untuk meningkatkan keakraban antar mahasiswa dan peningkatan prestasi olahraga mahasiswa, maka setiap tahun secara rutin diselenggarakan perlombaan Olahraga, baik ditingkat Universitas, Fakultas, maupun di tingkat

Program Studi.

  1. ii. Di tingkat Universitas, kegiatan ini dinamakan GOS (Gelar Olahraga dan Seni) Pekan Olah Raga dalam rangka Dies Natalis Undiksha.

iii.    Hasil: mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jepang menjadi juara

di kejuaraan tingkat Universitas, maupun tingkat Nasional.

3 Pembinaan soft skills
  1. a. Kepemimpinan
  2. i. Penyelenggaraan kegiatan upgading kepemimpinan bagi pengurus HMJ dan beberapa perwakilan angkatan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang

yang dindanai oleh UNDIKSHA melalui Kompetisi dana Hibah Pelatihan Kepemimpinan Undiksha.

  1. ii. Di tingkat univeristas, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan UNDIKSHA menyelenggarakan program Pelatihan Kepemimpinan untuk membina dan melatih beberapa mahasiswa yang potensial (dari setiap program studi) untuk mengikuti training kepemimpinan dan motivasi belajar.

iii.     Hasil: kegiatan mahasiswa di tingkat prodi lebih baik dan lebih bervariatif.

  1. b. Success Story,
  2. i. Diselenggarakan dalam bentuk Kuliah Umum bagi mahasiswa baru. Hal ini
diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi diri dalammengikuti proses pembelajaran, sehingga bisa mengikuti jejak sukses pemateri. ii.            Success Story ini dikemas dalam rangkaian kegiatan Pengenalan Jurusan dan disampaikan oleh Tokoh Inspiratif ataupun oleh salah seorang alumni Program Studi yang sukses dan bekerja dibidang yang sesuai dengan kompetensi prodi.

iii.     Hasil: semangat belajar mahasiswa menjadi lebih baik, yang ditunjukkan dengan

65% mahasiswa angkatan 2012 memiliki IPK diatas 3,00 dan IPK rata-rata nya adalah 2,75

  1. c. Kewirausahaa
  2. i. Untuk membina dan mengembangkan jiwa dan semangat kewirausahaan, ditingkat universitas dibentuk Koperasi Mahasiswa UNDIKSHA (Kopma-UNDIKSHA). Di sini mahasiswa dilatih untuk mengelola beberapa bidang usaha Kopma-UNDIKSHA, sehingga memiliki pengalaman praktis empiris dalam pengelolaan usaha mandiri.
  3. ii. dibentuk unit kewirausahaan sebagai salah satu unit kegiatan mahasiswa di

bawah koordinasi Himpunan Mahasiswa Jurusan.

iii.     Hasil: ada beberapa mahasiswa yang berhasil mendapatkan hibah dana PKM

bidang kewirausahaan.

 

4 Beasiswa Memberikan kesempatan kepada setiap mahasiswa untuk memperoleh berbagai jenis beasiswa, antara lain:

  1. a. Beasiswa Bidik Misi (15 mahasiswa)
  2. b. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), penerima : 72 mahasiswa
  3. c. Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), penerima : 54 mahasiswa
  4. Beasiswa BNI Gemilang : 1 mahasiswa
  5. Beasiswa Supersemar : 2 mahasiswa
  6. Beasiswa Rektor : 4 orang
   5   Kesehatan Layanan Pengobatan dan Konsultasi Kesehatan

  1. Keberadaan UPT Kesehatan telah memberikan pelayanan pengobatan dan konsultasi kesehatan bagi mahasiswa Undiksha dan seluruh civitas akademika Undiksha, termasuk juga mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang.
  2. Hasil: kondisi kesehatan mahasiswa menjadi lebih baik.
   6   Keagamaan Layanan Tirta Yatra (Berkunjung ke Pura-Pura untuk Bersembahyang)

  1. Pada organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan ada satu wadah KMHD yang merupakan singakatan dari Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma. Wadah ini, memfasilitasi pelaksanaan tirta yatra yang rutin diselenggarakan pada awal semester baru.
  2. Hasil : pemahaman dan sikap religius mahasiswa mengalami peningkatan yang signifikan.