Dalam tiga tahun terakhir, program studi telah melaksanakan berbagai kegiatan pengabdian pada masyarakat yang didanai dari berbagai sumber, baik dari Institusi dalam negeri, Institusi luar negeri, dari Direktorat Pekdidikan Tinggi (DIKTI), maupun dari Universitas Pendidikan Ganesha sendiri.

Sumber Dana Kegiatan Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat TS-2 TS-1 TS Jumlah
(1) (2) (3) (4) (5)
Pembiayaan sendiri oleh dosen - - - -
PT yang bersangkutan 8 11 12 31
Depdiknas - - 2 2
Institusi dalam negeri di luar Depdiknas - 1 1 2
Institusi luar negeri - - - -
Jumlah 8 12 15 35

 

Catatan: (*) Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat adalah penerapan bidang ilmu untuk menyelesaikan masalah di masyarakat (termasuk masyarakat industri, pemerintah, dsb.)

 Setiap tahunnya mahasiswa dan staf dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang mengadakan bakti sosial. Pada tahun 2012 bakti sosial diadakan di desa Bulian Kecamatan Kubutambahan, kemudian pada tahun 2013 bakti sosial diadakan di desa Tunjung Kecamatan Kubutambahan. Dan yang terbaru pada tahun 2014 bakti sosial diadakan di desa Tinggar Sari. Dana untuk bakti sosial diperoleh dari dana DIPA, dan bantuan dari NGO Yayasan Aura Sukma Insani. Keterlibatan mahasiswa tidak hanya sebagai panitia, tetapi mereka juga menyumbangkan pakaian layak pakai, dan alat-alat tulis. Kegiatan yang dilakukan seperti: pembagian sembako, buku, kacamata baca, dan pakaian layak pakai.