Kurikulum

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang di-gunakan sebagai  pedoman  penyelenggaraan  kegiatan  pembelajaran di perguruan tinggi.

Kurikulum  seharusnya  memuat  standar  kompetensi  lulusan  yang  terstruktur  dalam kompetensi  utama,  pendukung  dan  lainnya  yang  mendukung tercapainya  tujuan, ter-laksananya  misi,  dan  terwujudnya  visi  program  studi.  Kurikulum  memuat  mata kuliah/ modul/blok  yang  mendukung  pencapaian  kompetensi  lulusan  dan  memberikan kele-luasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai  dengan  minatnya,  serta  dilengkapi  dengan  deskripsi  mata  kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum  harus  dirancang  berdasarkan  relevansinya  dengan  tujuan,  cakupan  dan kedalaman  materi, pengorganisasian  yang  mendorong  terbentuknya  hard  skills  dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

 

Kompetensi

Kompetensi lulusan program studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang disusun dengan mengacu dan memperhatikan pada profil lulusan prodi yang telah ditetapkan. Sedangkan profil lulusan tersebut harus memiliki kompetensi yang mencakup kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi lainnya guna mendukung tercapainya tujuan prodi, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi prodi. Visi, misi, dan tujuan program studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang telah dirumuskan dengan sangat jelas dan berorientasi kepada masa depan.

Penyusunan visi, misi, tujuan, dan kompetensi lulusan program studi tersebut telah melibatkan seluruh sivitas akademika yang ada, baik dosen, mahasiswa, alumni, dan pihak pengguna lulusan dengan mengacu kepada standar kompetensi yang dibuat oleh lembaga.

 

Kompetensi Umum Lulusan

Terdapat enam aspek kompetensi umum lulusan yang diharapkan mampu menunjang hardskill dari para lulusan. Hal ini disebabkan karena pengembangan keilmuan tidak akan berjalan tanpa adanya pengembangan kepribadian pula. Sehingga nantinya lulusan S1 Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Pendidikan Ganesha merupakan pribadi yang cerdas dalam berilmu, dan santun dalam berprilaku. Kompetensi lulusan tersebut dipaparkan pada tabel berikut ini.

 

 NO  KOMPETENSI  LULUSAN ELEMEN KOMPETENSI
A B C D E
1 Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2 Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
3 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
4 Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
6 Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas

 

Kompetisi Pendukung Lulusan

Selain diharapkan sebagai pendidik, lulusan S1 Pendidikan Bahasa Jepang juga diharapkan memiliki keterampilan lain yang menunjang profesionalisme lulusan dalam bersaing di bursa kerja. Seperti yang diketahui, agar mampu bersaing dengan universitas lain yang memiliki jurusan sejenis maka lulusan S1 Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Pendidikan Ganesha harus memiliki standar kompetensi pendukung yang membuat mereka memiliki nilai lebih dalam persaingan di bursa kerja.

Berikut dipaparkan secara ringkas kompetensi pendukung penciri perguruan tinggi, yang dimiliki oleh S1 Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Pendidikan Ganesha.

 

KOMPETENSI PENDUKUNG (PENCIRI PERGURUAN TINGGI)

PROFIL LULUSAN  : PENERJEMAH BAHASA JEPANG
 

NO

 

KOMPETENSI  LULUSAN

ELEMEN KOMPETENSI
A B C D E
1 Menguasai materi bahasa, aksara, dan budaya Jepang dengan baik      
2 Mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan bahasa Jepang secara efektif.
3 Menguasai materi bahasa Jepang untuk terjemahan
4 Mampu meterjemahkan baik secara tulis maupun lisan dari dan ke Bahasa Jepang.
5 Memiliki kemandirian, beretos kerja, dan dedikasi yang tinggi.
6 Memiliki kesadaran dan wawasan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

 

PROFIL LULUSAN  : WIRAUSAHA DALAM PENDIDIKAN DAN BUDAYA JEPANG
 

NO

 

KOMPETENSI  LULUSAN

ELEMEN KOMPETENSI
A B C D E
1 Menguasai materi bahasa, aksara, dan budaya Jepang dengan baik  
2 Mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan bahasa Jepang secara efektif.
3 Memiliki kemandirian, beretos kerja, dan dedikasi yang tinggi.
4 Memiliki kesadaran dan wawasan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
5 Menguasai materi tentang kewirausahaan

 

 

PROFIL LULUSAN  : PRAKTISI PARIWISATA BAHASA JEPANG
 

NO

 

KOMPETENSI  LULUSAN

ELEMEN KOMPETENSI
A B C D E
1 Menguasai materi bahasa, aksara, dan budaya Jepang dengan baik  
2 Mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan bahasa Jepang secara efektif.
3 Memiliki kemandirian, beretos kerja, dan dedikasi yang tinggi.
4 Memiliki kesadaran dan wawasan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
5 Menguasai materi bahasa Jepang kepariwisataan

 

 

Kompetisi Utama

Selain kompetensi umum yang telah dipaparkan sebelumnya, terdapat pula kompetensi utama yang diharapkan telah diperoleh lulusan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Lulusan S1 Pendidikan Bahasa Jepang diharapan dapat menjadi profesionalisme pendidik yang memiliki tiga belas kompetensi utama yang merupakan penjabaran dari enam kompetensi yang pernah disebutkan sebelumnya. Berikut ketigabelas kompetensi utama tersebut.

 

KOMPETENSI UTAMA (PENCIRI PROGRAM STUDI/JURUSAN)

PROPIL LULUSAN  : PENDIDIK BAHASA JEPANG
 

NO

 

KOMPETENSI  LULUSAN

ELEMEN KOMPETENSI
A B C D E
1 Memiliki wawasan kependidikan untuk mengemban tugas sebagai pendidik
2 Memahami teori belajar dan pembelajaran
3 Memahami perkembangan dan karakteristik peserta didik
4 Memiliki pengetahuan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran
5 Memiliki pengetahuan dasar-dasar evaluasi hasil belajar
6 Menguasai materi bahasa, aksara, dan budaya Jepang dengan baik  
7 Mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran

Bahasa Jepang secara efektif, efisien, dan menyenangkan

 
8 Terampil memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu pembelajaran
9 Mampu melakukan penelitian dan membuat karya ilmiah yang mendukung pembelajaran bahasa Jepang
10 Mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan bahasa Jepang secara efektif.
11 Bersikap dan berprilaku positif terhadap anak didik maupun terhadap anggota masyarakat lainnya.
12 Memiliki kemandirian, beretos kerja, dan dedikasi yang tinggi.
13 Memiliki kesadaran dan wawasan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

 

KETERANGAN:

A= Landasan Kepribadian

B= Keilmuan dan Keterampilan

C= Keahlian Berkarya

D= Perilaku Berkarya

E= Berkehidupan Bermasyarakat