Lulusan program studi memiliki himpunan alumni bernama Ikatan Alumni Nigokasei. Berawal dari pertemuan dalam kegiatan Tirta Yatra,  pada tanggal 20 Desember 2014. Ikatan Alumni Nigokasei telah berproses dari organisasi wadah silaturahmi menjadi organisasi resmi perkumpulan alumni yang dilengkapi dengan pengurus dan AD/ART. ALUMNI memiliki rekening alumni yang digunakan untuk menghimpun dana ketika akan dilaksanakan suatu kegiatan baik yang berhubungan dengan jurusan maupun dilakukan secara mandiri oleh alumni. Selama ini peran alumni yang telah dilakukan adalah bantuan sumbangan buku dan sumbangan fasilitas berupa kulkas kepada jurusan.

 

IKATAN ALUMNI berpartisipasi secara aktif di dalam berbagai kegiatan program studi, baik yang bersifat akademik dan non akademik.

  1. Memberikan Masukan
  2. Keterlibatan wakil ALUMNI dalam memberikan masukan, saran dan komentar secara aktif pada proses evaluasi kurikulum prodi.
  3. Anggota ALUMNI aktif memberikan umpan balik dan masukan kepada program studi melalui tracer study.
  4. Pembekalan dan pemberian pelatihan kepada para calon wisudawan mengenai kisi-kisi masuk dunia kerja
  5. Pengembangan jejaring
  6. Kerjasama anggota ALUMNI dan Jurusan dalam penyaluran informasi lowongan pekerjaan pada beragam institusi profesi.
  7. Peran aktif praktisi senior dan yunior anggota ALUMNI sebagai pembicara acara Dialog Profesi dan Acara-acara kemahasiswaan yang dikoordinasi oleh HMJ.
  8. Penyediaan fasilitas
  9. Tersedianya forum silaturahmi virtual (melalui milist) yang memungkinkan prodi untuk menyerap gagasan, masukan, dan saran dari diskusi yang berkembang tentang pembelajaran, dunia kerja dan aktivitas santai
  10. Diselenggarakannya forum silaturahni tahunan melalui program kuliah umum.

 

Alumni yang tergabung dalam IKATAN ALUMNI nantinya akan berperan pada bidang akademik dan non akademik seperti keterlibatan dalam kegiatan, pengembangan jejaring dan penyediaan fasilitas. Keterlibatan alumni tersebut secara langsung menaikkan keteraksesan informasi dan peluang dalam bentuk sponsorship, kerja praktek, penelitian kesempatan kerja bagi civitas akademika Pendidikan Bahasa Jepang. Di samping itu, peran alumni dalam proses evaluasi dan penyusunan kurikulum dan dalam penyediaan umpan balik pada program berdampak pada terjaminnya akurasi dan akuntabilitas.